Sharia Economic World #Bagian Kesatu

Assalamualaikum sobat semua.. (jawab ya) ^^

Yup.. Dalam kesempatan ini saya ingin sharing nih. Seputar Ekonomi Syariah. Mengapa??? Sobat semua sudah tahu sendiri kan kegagalan sistem Ekonomi Konvensional dalam mewujudkan pemerataan dan keadilan. Sistem perekonomian dengan ekonomi riba ini mengakibatkan si kaya akan semakin kaya dan si miskin semakin miskin. Parah banget kan. ckckck..

Masih membahas kegagalan kapitalis, jadi perpindahan ilmu ekonomi dari perspektif relijius ke perspektif sekuler ini telah menimbulkan berbagai kontradiksi, diantaranya :

·Paradigma sekuler telah membawa pada komitmen yang berlebihan terhadap mekanisme pasar yang liberal dan bebas nilai.

· Ketiadaan sistem nilai dan moral, telah membuat alokasi dan distribusi sumber daya yang terbatas tidak sejalan dengan kebutuhan pemenuhan tujuan normatif.

· Pelaku-pelaku ekonomi, individu dan perusahaan, berperilaku tidak sejalan dengan tujuan-tujuan ini sehingga menciptakan inkonsistensi antara ekonomi positif dan tujuan normatif.

Lanjut, sistem ekonomi konvensional memiliki kelemahan-kelemahan mendasar yang bersumber pada konflik antara tujuan ekonomi dengan perspektif terhadap dunia.

· Selain tujuan positif seperti efisiensi, sistem konvensional juga menetapkan tujuan normatif yang berakar dari perspektif relijius yang menekankan pada peranan dari kepercayaan terhadap Tuhan dan nilai-nilai moral dalam alokasi dan distribusi sumber daya.

· Namun strategi dan instrumen ilmu ekonomi konvensional adalah sepenuhnya didasarkan pada perspektif sekuler.

Nah.. satu diantara masalah tersebut adalah :

· Ketidak seimbangan makroekonomi (Macroeconomic Imbalance) tercermin dari : - High rates of unemployment & inflation, - Balance of payments deficits yang keterlaluan, - Exchange rate depreciation yang terus berlanjut, - beban hutang yang berat (Heavy Debt Burden).

· The extreme inequality of income & wealth diantara setiap Negara yang berbeda golongan, seperti halnya perbedaan diantara negara-negara muslim.

Dari kegagalan diatas, akibat yang ditimbulkannya apa sih??? Akibat dari kegagalan sistem ekonomi kapitalis ini adalah :

· Bahkan porsi kebutuhan dasar (The Basic Needs) yang amat diperlukan oleh penduduk pun tetap tidak dapat dipuaskan.

· Sedangkan si kaya dan lapisan atas dari kelas menengah, hidup dalam kemewahan/kemakmuran yang sangat.

· Hal ini cenderung merusak struktur solidaritas sosial dan ketidakstabilan sosio-politik.

Gimana??? Sudah jelaskan kalo sistem ekonomi konvensional memang tidak layak untuk digunakan dalam perekonomian dunia. Trus dipake dimana dund??? Hehe.. yang terpenting adalah Sistem Ekonomi Islam itu bukanlah sebuah alternatif ataupun solusi, namun merupakan satu-satunya sistem yang tepat untuk diaplikasikan dalam perekonomian, tidak ada pilihan lain. Ok. ^^

Sekian dari saya, ini merupakan bahasan pertama mengenai “Ekonomi Islam sebagai Sistem Perekonomian Dunia” dan masih ada bahasan lain yang akan saya bahas pada posting-an selanjutnya.

Terima Kasih. ^^

Wassalam..

2 Responses to "Sharia Economic World #Bagian Kesatu"

silahkan berikan komentarnya. trims. ^^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel